PELATIHAN MANAJEMEN KEARSIPAN

Dalam suatu Instansi/Perusahaan/Lembaga keberadaan arsip sangatlah penting, ia merupakan jantung informasi yang memuat rekaman kegiatan atau peristiwa sebagai bukti untuk mempertahankan hak dan kewenangan yang menjadi miliknya. Maka keberadaannya, harus diperlihara dan dilindungi dengan baik dan benar, karena merupakan asset yang sangat penting bagi organisasi.

Di Indonesia sendiri, kearsipan telah diatur diantaranya melalui Peraturan Perundang-undangan Nomor 43 Tahun 2009 dan PP Nomor 28 Tahun 2012. Untuk itu, dalam tata kelola kearsipan baik Instansi/Perusahaan BUMN/BUMD/Swasta/Lembaga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, namun harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Dengan tata kelola kearsipan yang baik dan benar maka akan terjaminnya sumber informasi suatu organisasi yang akuntabel, sehingga dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, dan profesionalitas kerja.

 

Tujuan Pelatihan
Peserta dapat memahami dengan baik dan benar prinsip, kaidah, standar, dan peraturan peraturan kearsipan yang berlaku di Indonesia.
Peserta dapat mengaplikasikan tata kelola kearsipan yang tepat dan benar di lingkungan kerjanya.

MATERI PELATIHAN
Pengantar Kearsipan
Peraturan dan Aspek Hukum Kearsipan
Manajemen Arsip Dinamis
Program Arsip Vital
Manajemen Arsip Statis
Praktik

Peserta Yang Disarankan
Para Pengelola Arsip, Petugas Tata Usaha, dan Sekretaris di Lingkungan Instansi/Perusahaan/Lembaga

Jadwal Pelatihan
Hari/Tanggal : Kamis-Jumat, 15-16 Nopember 2018
Jam : 09.00 –16.00 WIB
Tempat : Hotel Anggrek Gandasari, Jalan Seram No.3, Bandung

INVESTASI
Rp. 3.900.000,- / Peserta

Fasilitas:
Modul, Soft Copy Materi, Training Kits, Sertifkat, Coffe Break, dan Makan Siang
(Belum termasuk akomodasi dan penginapan bagi peserta).

PEMATERI

1. Nyi Raden Anita Trikusumawati, MM.

Perempuan Kelahiran Jakarta 42 Tahun ini adalah salah satu peraih arsiparis teladan nasional 5 besar seindonesia untuk katagori ahli tahun 2017. Ia telah menyunting beberapa buku kearsipan yang diedarkan secara nasional diantaranya: Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (Unpad Press, Bandung 2016), Program Arsip Dinamis Vital (Unpad Press, Bandung 2016), dan Klasifikasi dan Ketentuan Mengindeks Arsip (Unpad Press, Bandung 2016)
.
Berbagai seminar/workshop dan Bimtek kearsipan juga pernah diikuti olehnya, antara lain: Workshop Arsip Kepresidenan Tahun 2016, Bimtek Calon Tim Penilai Arsiparis KEMENRISTEKDIKTI-ANRI Tahun 2016, Training Persuratan Dinas dan Kearsipan Digital Tahun 2015, Bimtek Pengelolaan Arsip Vital/Aset Nasional ANRI Tahun 2015, Dll.

 

2. Prof. Dr. H. Nandang Alamsah Deliarnoor, S.H., M.Hum.

Prof Nandang Alamsah Deliarnoor menjadi Anggota Dewan Kehormatan Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI), Tahun 2016-2021.

Berbagai penghargaan pernah diraihnya:
Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia, Satyalancana Karya Satya X Tahun 2008, Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia, Satyalancana Karya Satya X Tahun 2009dan Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia, Satyalancana Karya Satya Kelas II Tahun 2013.

Ia telah menulis 7 buku tentang kearsipan salah satunya adalah “Aspek Hukum Dalam Kearsipan” (Universitas Terbuka, Jakarta, 2013).

Selain itu tulisannya juga telah tersebar diberbagai majalah dan surat kabar, “Reformasi Undang-undang Kearsipan” adalah diantara artikel yang pernah beliau tulis di Majalah GEMA ARSIP yang terbit pada Tahun 1998

 

CONTACT US
TLP/SMS/WA: 0812 2474 4432