PELATIHAN MEDIA RELATIONS, ANALISIS MEDIA, DAN PENULISAN ARTIKEL BAGI HUMAS INSTANSI/PERUSAHAAN/LEMBAGA

Salah satu fungsi Humas Instansi/Perusahaan/Lembaga adalah menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publik organisasi. Dampak dari terwujudnya fungi ini adalah pencapaian tujuan organisasi. Tujuan organisasi itu dibantu pencapiannya melalui kegiatan kehumasan dengan meningkatkan, menjaga atau memperbaiki prestise organisasi, mendeteksi dan menangani isu-isu yang berkembang, dan mengatasi kesalahpahaman dan prasangka.

Maka, menjalin hubungan dan menganalisis keberadaan organisasi dalam “bingkai” Media menjadi sangat penting bagi humas, sebab di  era kecanggihan teknologi informasi saat ini, medialah yang paling kuat mempengaruhi pemikiran dan sikap publik.

SelainItu, Humas juga dituntut untuk dapat menulis salah satunya adalah menulis artikel. Dalam kontek humas, tulis menulis bukan sekedar kemampuan menyampaikan pesan secara tertulis, namun menulis harus menjadi salah satu teknik penyampaian pesan dalam strategi humas.

 

MATERI PELATIHAN

  • Media relations
    Menjelaskan bagaimana hubungan Humas dengan lingkungan media massa.
  • Isi danKebijakan Media
    Menggali kandungan isi dari media massa dan potensinya untuk analisis media.
  • Derajathubungan media
    Menjelaskan bagaimana struktur dan pola hubungan yang harmonis antara media dan Humas.
  • Teknikanalisis media
    Mengaplikasi analisis  framing  untuk melihat sejauhnya berita di media dijadikan barometer dinamika Humas.
  • TeknikPenulisanArtikel
    Sumber  ide  tulisan, mengemas naskah, menghidupan bahasa, menggunakan mand mapping, latihan menulis dengan menggabungkan semua unsur di atas, mengendit dan memasarkan tulisan.

 

TUJUAN PELATIHAN

  • Memproyeksikan berita-berita yang berkembang terhadap keberadaan Instansi/Perusahaan/Lembaga di tengah masyarakat.
  • Membuat berbagai pertimbangan berdasarkan analisis berita yang sudah dibuatnya.
  • Merencanakan kebijakan strategis dengan berdasarkan hasil analisis media yang sudah dibuat.
  • Mampu menulis dan menyunting naskah yang menarik minat baca, sehingga pesan/kepentingan organisasi dapat tersampaikan secara baik dan tepat.

 

JADWAL  PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan dalam empat sesi selama dua hari.
Hari/Tanggal       : Kamis – Jum’at, 13-14 Desember 2018
Jam                        : 09.00 – 16.00 WIB
Tempat                  : Hotel Anggrek Gandasari, Jl. Seram,  No. 3, Bandung

 

PEMATERI

1. DR. Aceng Abdullah
Aceng Abdullah saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi Televisi dan Film, FIKOM UNPAD, Ia juga mengajar di P ascasarjana Komunikasi UNPAD.

Sejak mahasiswa S1 Ia telah akrab dengan dunia kewartawanan. Beberapa posisi penting di media massa pernah dijabatnya.

Press Relations, Kiat Berhubungan dengan Media Massa. (Simbiosa Bandung 2002),Pistol dan Pembalut Wanita, Trik dan Pengalaman Liputan. (Bunga Rampai Tulisan 2007), Jika Aku Mati Antarkan sebagai Wartawan (2012) merupakan buku yang pernah ia tulis sebagai bentuk kecintaannya pada dunia kewartawanan.

2. Askurifai
Kandidat Doktor Komunikasi ini telah menulis puluhan Buku, aktifitasnya saat ini selain menjadi Dosen, Ia juga seorang konsultan media, dan aktif menulis artikel di beberapa media massa diantaranya, Pikiran Rakyat, Republika, Sindo, dll.

INVESTASI
Rp. 3.600.000,-/peserta

Fasilitas: Training kits, Sertifikat, coffe break, launch, (biaya belum termasuk akomodasi dan penginapan)

 

Form Pendaftaran Calon peserta

* indicates required